Artikel ini telah dilihat : 217 kali.
by

Serba Serbi Mekanisme Verifikasi Faktual Pilkada Kota Samarinda

Reporter : Samuel – Editor : Redaksi

Insitekaltim, Samarinda – KPU Kota Samarinda melakukan verifikasi faktual pasangan calon Walikota jalur perseorangan. Mulai Senin (29/6/2020) sampai (12/7/2020) mendatang KPU bersama PPK dan PPS akan melakukan pengecekan dukungan langsung ke warga yang telah mengumpulkan KTP dukungan.

KPU akan menilai apakah dukungan tersebut memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS). Jika KTP warga yang dikumpulkan diverifikasi TMS, maka hal tersebut dipastikan akan mempengaruhi jumlah dukungan calon perseorangan tersebut.

“Jika jumlah dukungan di bawah 43.977 orang, maka calon melakukan revisi,” ucap Ketua KPU Kota Samarinda, Firman Hidayat, Selasa (30/6/2020).

Ia menyampaikan, verifikasi faktual bisa dilakukan melalui tiga cara. Pertama petugas mendatangi langsung, kedua melalui bakal calon yang mengumpulkan sekitar belasan orang. Terakhir datang ke PPS melakukan verifikasi faktual secara langsung.

Firman mengatakan jika ada pemilih yang memberikan dukungan terhadap dua calon yang bersamaan atau memiliki pekerjaan sebagai ASN, kepolisian, tentara atau instansi terkait. Maka verifikasi faktual akan menjadi acuan terakhir koreksi data tersebut secara langsung.

Jadi, ketika saat diverifikasi warga bersangkutan tidak merasa mendukung maka jumlah dukungan yang disetor dianggap TMS. Untuk itu ia mengingatkan kepada paslon segera lakukan revisi dengan mengumpulkan lagi dukungan baru jika terjadi kekurangan suara.

“Semua direkap kita plenokan dengan waktu perbaikan 24-27 Juli,” katanya.

Ia menambahkan ketika melakukan perbaikan jumlah dukungan pasangan perseorangan, akan ada tambahan dukungan dua kali lipat dari total jumlah dukungan yang tidak sah. Jadi jika sampai (27/7/2020) pasangan calon tidak menyanggupi jumlah suara yang ditetapkan KPU, paslon perseorangan akan dianggap gugur.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed