Artikel ini telah dilihat : 256 kali.
oleh

Di Tengah Pandemi, IKIP PGRI Tetap Berinovasi Gelar Webinar Pendidikan Pembelajaran Daring

Reporter: Achmad- Editor: Redaksi

Insitekaltim, Samarinda-Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Kaltim, menyelenggarakan webinar dengan materi Penilaian Autentik Pembelajaran Daring Menuju Mutu Pendidikan Dimasa Pandemi Covid-19. Untuk kalangan guru SD, SMP, SMA , SMK dan mahasiswa semester akhir yang saat ini sedang menjalankan PPL di sekolah dan diikuti 218 peserta,  Sabtu, (17/10/ 2020).


Kegiatan ini dilakukan mengingat adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan kita semua tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara tatap muka, sehingga harus menggunakan zoom meting dengan materi penilaian Autentik Pembelajaran Daring Menuju Mutu Pendidik dimasa Pandemi Covid-19.  Dengan maksud agar proses penilaian punya persepsi yang sama.

Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Kaltim, Dr. Abdul Rozak Fahrudin, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan pandemi Covid-19 ini membuat tatanan dunia pendidikan berubah. Proses belajar yang dulu dilakukan secara tatap muka, kini berubah, menjadi pelajaran jarak jauh, atau yang biasa dengan istilah daring.

Dengan demikian akan mempengaruhi proses pengambilan nilai hasil belajar. Untuk itu perlunya diadakan webinar bagi guru mengingat guru merupakan ujung tombak dalam transformasi ilmu pengetahuan ke peserta didik dan diakhir perlu ada penilaian dari hasil belajar.

“Jika penilaian kepada siswa ada yang bermasalah tentu akan merugikan siswa,”pesannya

Sementara itu Rektor IKIP PGRI Kaltim yang juga sebagai Keynote Speker Dr. H. Suriansyah, M.Pd, mengatakan mutu pendidikan berbasis 4.0 yang mengarah pada 3 ranah yaitu Ranah Kognitif, Ranah Psikomotorik, Ranah Afektif.

“Mutu pendidikan di masa pandemi lebih berorientasi pada Assesment autentik kinerja dan pembelajaran bermakna lebih mengembangkan pada Life Skill,”ujarnya

Baca Juga :  Meski Fokus Anggaran ke Pandemi, Insentif Guru Honorer di Bontang Aman

Dr. Hj. Masny, M.Pd, yang dalam kegiatan webinar sebagai nara sumber mengatakan bagaimana pentingnya manajemen dalam pengelolaan pembelajaran terkait dengan bagaimana pencapaian tujuan kompetensi pembelajaran (ranah kognitif).

“Pengimplementasian pencapaian tujuan berdasarkan eksperimen, pendiskripsian perilaku terkait dengan kecakapan ranah kognitif dan psikomotorik dalam kehidupan nyata yang menghasilkan mutu pendidikan,”jelasnya

Drs. Surtiyo Utomo, M.Or Ketua MGMP PJOK Kota Samarinda, menyampaikan bahwa proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis daring menuai banyak persoalan terkait dengan kesiapan pemerintah, sekolah/kampus, guru/dosen, mahasiswa/siswa serta orang tua dalam pendampingan pembelajaran. Seperti dalam melakukan PBL (Project Basic Learning) yang menghasilkan kompetensi dan siap berkomentasi.

Dan Khristiyono Prohono Sakti, S.Pd.,MM. M.Biomed, nara sumber dari Jakarta mengupas pengembangan HOTS dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Bagaimana mendorong siswa aktif belajar inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dengan pendekatan scientifik, berinteraksi dan subjek yang menghasilkan belajar itu untuk mencapai 3 aspek (1) Refleksi (Internalisasi/ KI 2 dan Meningkatkan Iman Takwa/ KI 1) (2)Konseptualisasi (Konstruktivisme =menemukan sendiri konsep / KI 3) (3)Pengalaman Belajar (Mengembangkan Keterampilan / KI 4)

Dia akhir acara Siti Akmalia, S.Pd., M.E selaku moderator mempertegas Penilaian Autentik Pembelajaran Daring Menuju Mutu Pendidikan Dimasa Pandemi Covid-19, dalam konsep pembelajaran yang bermutu, terintegrasi proses (K1, K2, K3, K4) menuju pendidikan Nasional. Dan terima kasih kepada Penerbit PT. Erlangga dan Telkomsel yang telah bekerjasama untuk mensukseskan acara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed