Artikel ini telah dilihat : 801 kali.
oleh

Peringati IWD 2020, Bawa 12 Tuntutan Salah Satunya Sahkan RUU PKS dan Tolak Raperda Anti LGBT

Reporter: Dina – Editor: Redaksi

Insitekaltim, Samarinda – Peringatan hari International Women’s Day (IWD) pada 8 Maret 2020, berbagai macam organisasi mahasiswa di Samarinda mengelar aksi kreatif. Bertempat di Taman Samarendah Jalan Bayangkara, beberapa gabungan organisasi di Samarinda dan sekitarnya menggelar pertunjukkan seni seperti akustik, orasi, musikalisasi puisi serta parade keliling bundaran Taman Samarendah. Peserta nampak semangat diiringi lagu Darah Juang serta penyampaian orasi.

Putri Alma, atau dikenal Putri Kalua, Embrio Perempuan Merdeka, saat ditemui Insitekaltim Minggu (8/3) mengatakan, aksi ini untuk memperingati IWD, serta memperjuangkan dan menuntut kesetaraan gender. Gelaran aksi dikemas kreatif, agar masyarakat di lingkungan Taman Samarenda dapat berpartisipasi. Tempat ini sangat strategis apalagi bertepatan hari Minggu, sehingga masyarakat banyak yang hadir melihat kegiatan ini.

“Kami juga memperjuangkan pengesahan RUU PKS yang hingga hari ini terlupakan, namun malah banyak RUU mendiskriminasi yang di sahkan,” ungkapnya

Baca Juga :  KPU Bontang Sortir 126.916 Lembar Surat Suara

Ia berharap agar RUU PKS untuk segera disahkan, jangan ada lagi UU yang mendiskriminasikan perempuan. Meminta kemerdekaan perempuan bukan hanya di publik namun di tatanan rumah juga perempuan jangan menjadi kaum kelas nomor 2.

“Melalui kegiatan IWD ini kami mengajukan 12 tuntutan salah satunya sahkan RUU PKS, tolak omnibus law. Tolak RUU ketahanan keluarga, tolak raperda anti LGBT,” ungkapnya.

Tuntutan lain adalah, bersihkan gerakan dari penjahat seksual, lawan kekerasan seksual dari ruang pendidikan, stop bullying terhadap korban kekerasan seksual, tolak perusakan alam. Tangkap, adili, penjarakan korporasi perusak lingkungan. Bebaskan tanpa syarat aktivis pembebasan Papua dan usut tuntas 37 korban di lubang tambang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed