Artikel ini telah dilihat : 260 kali.
oleh

PDI Perjuangan Balikpapan Tanam Pohon dan Bagi Tumpeng

Reporter : Asih – Editor : Redaksi

Insitekaltim,Balikpapan – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48  DPC PDI Perjuangan kota Balikpapan gelar aksi kegiatan menanam 448 pohon di sepanjang aliran sungai hutan kota RSS Damai III Balikpapan, Jalan pipit I Gunung Bahagia Balikpapan Selatan, Minggu (10/1/2021).

“DPC PDI perjuangan Kota Balikpapan melaksanakan rangkaian hari ulang tahun partai ke-48 dengan tema  Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan dengan sub tema Ciliwung Bersih”, ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan Thohari azis seusai penanaman pohon.

Thohari menjelaskan dipilihnya Sungai Ciliwung karena sungai ini membentang mulai dari Bogor sampai Jakarta. Dan itu melewati beberapa daerah dan menjadi spirit kepada seluruh bangsa Indonesia seperti yang disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada seluruh kader PDIP bahwa merawat sungai itu sangat penting.

“Yang pertama adalah untuk menjaga peradaban, karena bangsa kita ini berangkat dari semangat air bersih, dari sungai sebelum ada peradaban dunia, maju seperti sekarang,” jelasnya ketika ditemui awak insitekaltim.com

Ditambahkannya, sungai selain sebagai sumber ekosistem, sumber mata air, sungai juga berfungsi untuk menjaga kelestarian supaya tidak banjir. Sungai harus dijaga, dilestarikan, di bantaran sungai harus ditanami pohon.

Pohon sebagai tabungan air sehingga DPC PDIP Balikpapan pagi tadi serentak menjalankan rangkaian acara ulang tahun partai yaitu penanaman pohon yang berjumlah 448 pohon.

“Tapi yang kita tanam hari ini secara seremonial jumlahnya 48 pohon. Yang 400 pohon pengurus partai yang menanam di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Selain melakukan penanaman pohon DPC PDI Perjuangan kota Balikpapan juga akan menggelar video conference
yang dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB atau 15.00 Wita.

Rencananya, kegiatan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Hj Megawati Soekarnoputri.

Kemudian, tambah Thohari, pada pukul 17.00 WIB atau pukul 18.00 Wita, DPC PDIP Balikpapan juga akan membagikan nasi tumpeng kepada masyarakat sebanyak 48 tumpeng di Balikpapan.

“Itu juga untuk memenuhi rangkaian HUT ke-48 PDIP guna mendapatkan rekor MURI Indonesia. Tiga rekor MURI sekaligus. Pertama penanaman pohon nasional terbanyak se-Indonesia, serentak. Kedua video conference dengan jumlah peserta terbanyak di Indonesia. Dan ketiga pembagian tumpeng kepada rakyat terbanyak di Indonesia. Tiga rekor MURI itu akan kita raih nantinya,” jelas Thohari.

Pihaknya juga minta dukungan dan doa restu seluruh masyarakat, khususnya warga Kota Balikpapan, di ulang tahun partai ini mudah-mudahan PDI Perjuangan bisa memberikan sumbangsih yang terbaik bagi warga Balikpapan dan bangsa Indonesia yaitu dengan aksi penanaman pohon dan bagi tumpeng untuk rakyat.

“Itu bentuk dari solidaritas dan kebersamaan PDIP kepada masyarakat, khususnya warga Kota Balikpapan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPC PDIP Balikpapan Thohari Aziz, Sekretaris DPC PDIP Balikpapan Budiono, Ketua LPM Gunung Bahagia yang juga anggota DPRD Balikpapan Mieke Henny, Lurah Gunung Bahagia Qomaruddin, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan dan kader PDI Perjuangan Balikpapan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot News