Artikel ini telah dilihat : 182 kali.
by

Deteksi Penyebaran Covid-19 Lebih Awal, Dinkes Samarinda Adakan Swab dan Rapid Test

Reporter: Dina – Editor: Redaksi

Insitekaltim, Samarinda – Mendeteksi penyebaran Covid-19 lebih awal, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda menggelar tes swab di pasar. Ini dilakukan, untuk mengurangi peningkatan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Samarinda, Ismed Kosasi, Kamis (21/5/2020), menjelaskan, swab dan rapid tes dilaksanakan di 3 daerah perbatasan. Dimulai, Rabu (20/5/2020), di daerah pelelangan ikan Selili. Dilanjutkan Kamis (21/5/2020), dilakukan pengecekan di Puskesmas Trauma Center, Loa Janan Ilir.

“Swab tes yang telah diambil, akan dikirim ke RS Abdul Wahab Syahrani (AWS) untuk di uji,” bebernya.

Ismed, menyampaikan hasil dari uji tersebut akan diketahui beberapa hari kemudian. “Selain swab tes, kami juga melakukan rapid test,” ujarnya.

Lanjutnya, pelaksanaan tes ini penting, untuk mengetahui apakah Samarinda sudah terjadi transmisi lokal atau belum. Karena Kota Tepian dikelilingi daerah yang sudah terjadi transmisi lokal.

“Saat ini Samarinda telah melewati puncak pandemi, yang mana kasus Covid-19 mulai menurun. Namun harus tetap waspada, agar tidak terjadi second wave (gelombang kedua),” ungkapnya.

Diharapkan, adanya swab dan rapid tes tersebut, penanganan Covid-19 juga lebih cepat. “Wilayah Samarinda lainnya, akan dilakukan setelah idul fitri,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed