Artikel ini telah dilihat : 358 kali.
by

Ceremony Penghargaan Prestasi Atlet Samarinda, Ini Kata Barkati

Reporter : Apriliani – Editor : Redaksi

Insitekaltim, Samarinda – Ceremony Penghargaan Pembinaan Prestasi Atlet, Pelatih, Official & Manager Berprestasi Pada Porprov VI Tahun 2018, di Gor Segiri, Rabu (27/11/2019).

Dihadiri oleh Wakil Walikota, Muhammad Barkati, Wakil Komisi IV, Hj. Puji Setyowati, SH., Kadis Dispora Samarinda, Erham Yusuf, S.Pd, M.Pd, Ketua Koni Samarinda, Aspianur serta seluruh Atlet Samarinda dari berbagai cabor.

Wakil Walikota Muhammad Barkati, sangat bangga terhadap atlet Samarinda yang berprestasi meraih juara.

“Tentu hari ini membuktikan melalui statement Pak Walikota Syaharie Jaang tahun kemarin sebelum melaksanakan Porprov, hari ini kita buktikan bahwa Samarinda punya kepedulian untuk membina dan mengembangkan atlet-atlet yang ada,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa Dispora telah melaksanakan pertandingan di berbagai tingkatan, sehingga diharapkan mampu mempunyai bibit unggul atlet yang benar-benar dapat dimiliki.

“Kita ingin atlet terlahir dari Samarinda, saya belum pernah merasa bangga walaupun kita mendapat juara, tapi bukan orang Samarinda, dan bukan dengan menyewa atlet. Percuma kita menyewa atlet walaupun juara. Selesai pertandingan, dan jadi juara mereka pulang,” tegasnya.

Barkati juga berusaha untuk menerima atlet yang terlahir di Samarinda, karena seburuk apapun atlet Samarinda, tetap harus dihargai.

“Untuk tahun depan, kami semua berharap, tidak ada lagi atlet-atlet sewaan. Jadilah atlet yang bisa membanggakan daerah sendiri, mari kita bina bibit-bibit yang ada, agar kita punya bibit yang terlahir karena binaan kita,” kata Barkati menyemangati.

Ia juga ingin agar thaun depan harus transparan, ini upaya menghindari kecurigaan orang lain.

“Mari kita semua memperbaiki Samarinda ini. Kita bangun lewat atlet, sehingga kita bisa mempunyai masyarakat yang cerdas, kuat dan berprestasi,” terangnya.

Barkati juga berpesan pada atlet yang belum mendapatkan penghargaan dan bonus pada hari ini, agar tidak berkecil hati dan jangan minder.

Baca Juga :  Maswar Mansyur: Pencegahan Narkoba Perlu Langkah Konkret Bukan Diskusi

“Buktikan kalian semua bisa, karena masih banyak kesempatan di pertandingan-pertandingan yang lainnya. Kalian semua bisa jadi juara, siap menjadi kebanggaan Kota Samarinda,” tegasnya penuh semangat.

Kadis Dispora Samarinda Erham Yusuf, S.Pd, M.Pd, sangat bersyukur semua bisa menghadiri acara penghargaan pembinaan prestasi atlet, pelatih, official dan manager pada Porprov VI tahun 2018 di Kutai Timur.

“Sesuai janji walikota Samarinda, pada saat mengunjungi atlet yang bertanding pada Porprov ke 6 tahun 2018 di Kabupaten Kutai Timur, menyebutkan bahwa atlet yang memperoleh medali emas akan mendapatkan uang pembinaan, untuk menunjang prestasi yang lebih baik lagi,” kata Erham.

Ia juga mengatakan bahwa tujuan acara ini dilaksanakan, untuk berupaya menghargai para atlet dan pejuang olahraga yang telah mengharumkan nama kota Samarinda, berkat prestasi dan medali yang telah diraih.

“Ini juga untuk memacu munculnya bibit-bibit atlet baru, serta meningkatkan prestasi olahraga di tingkat regional, nasional dan internasional,” tegasnya.

“Dan untuk jumlah kontingen Kota Samarinda yang mengikuti Porprov ke-VI di Kabupaten Kutai Timur sebanyak 665 atlet 154 pelatih, 23 official, 50 manajer dan 57 cabor,” sambungnya.

Ia juga menjelaskan bahwa penerimaan medali untuk kontingen Kota Samarinda, untuk peraih medali emas, sebanyak 168 medali, perak sebanyak 122 medali, dan perunggu sebanyak 142 medali.

“Serta besaran pembinaan prestasi kepada atlet, pelatih, official dan manajer Kota Samarinda yang berprestasi, pada kegiatan Porprov Kaltim tahun 2018 di Kabupaten Kutai Timur sebesar Rp. 24.542.600.000,” ungkapnya.

Diketahui pembinaan atlet, untuk kategori :

a. Perorangan :
1. Emas : Rp. 40.000.000,-/orang/medali
2. Perak : Rp. 20.000.000,-/orang/medali
3. Perunggu : Rp. 10.000.000,-/orang/medali

b. Beregu 2-4 orang :
1. Emas : Rp. 24.000.000,-/orang/medali
2. Perak : Rp. 12.000.000,-/orang/medali
3. Perunggu : Rp. 6.000.000,-/orang/medali

c. Beregu diatas 4 orang :
1. Emas : Rp. 16.000.000,-/orang/medali
2. Perak : Rp. 8.000.000,-/orang/medali
3. Perunggu : Rp. 4.000.000,-/orang/medali

News Feed