Artikel ini telah dilihat : 312 kali.
oleh

Tips Cerdas Belajar dari Rumah Tetap Menyenangkan

Reporter: Mohammad-Editor: Redaksi

Insitekaltim,Bontang – Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bontang, Saparudin menyampaikan cara belajar dari rumah dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Di tengah masa pandemi Covid19 memaksa masyarakat beraktifitas dari rumah. tidak terkecuali guru dan siswa. Hampir semua guru tetap bekerja dari rumah dan para siswa tetap melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Disampaikan oleh Saparudin, belajar agar tetap menyenangkan siswa dapat menyediakan tempat yang nyaman untuk belajar

“Belajar di rumah penuh tantangan seperti tergoda untuk rebahan, menonton televisi, dan lainnya. Banyak dari kita memilih belajar sambil rebahan di kasur. Rebahan di kasur memang nyaman, tetapi nyaman untuk beristirahat. Pilihlah tempat duduk untuk belajar. Usahakan tempat duduk memiliki sandaran dan busa yang nyaman untuk duduk,” ungkap Saparudin saat dihubungi insetekaltim.com Jumat (30/10/2020).

Selain itu, sediakan alat-alat dan rapikan yang digunakan untuk belajar. Jika kamu terbiasa meminjam alat-alat untuk belajar kepada teman, saat ini siapkanlah sendiri alat-alat tersebut.

“Alat-alat yang mendukung belajar bisa membuatmu mudah untuk belajar. Jangan sampai alat-alat untuk belajar ini tak kamu perhatikan sehingga bisa mengganggumu saat belajar. Rapikan dan bersihkan meja belajar, susun buku-buku dan alat tulis dengan rapi agar kalian nyaman dan lebih fokus saat belajar,” kata Saprudin

Pastikan gadget dan koneksi internet baik Untuk menyiapkan segala materi pembelajaran. Hal lain yang mesti diperhatikan Koneksi internet yang baik akan memudahkanmu untuk tetap terhubung dengan guru saat belajar dari rumah.

Baca Juga :  Komisi III Sidak, Proyek Lapangan Sepak Bola Tanjung Laut Dikeluhkan Warga

“Gadget (HP atau Laptop) siap untuk digunakan. Buang file-file ukuran besar yang sudah tidak dibutuhkan, agar gadget kalian tidak lambat saat digunakan, ujar Saparudin

Sirkulasi udara dan pencahayaan ruangan maksimal, supaya mata dan kepala tak pusing. Jangan sampai ruangan minim pencahayaan karena bisa membuat mata rusak dan kepala pusing.

“Belajar di tempat yang redup atau cenderung gelap akan membuat malas. Mata akan bekerja keras untuk melihat sehingga lama kelamaan akan membuat mata cepat letih dan mengantuk lebih cepat,” ujar Saparudin

Berkonsultasi kepada Guru atau wali kelas, jika mengalami kesulitan, siswa bisa bertanya atau meminta arahan dari walikelas atau guru mapel yang bersangkutan, jangan sungkan.

“Minta ijin untuk mengirim pesan, atau menelepon guru. Pastikan di waktu yang tepat jika ingin menghubungi guru, gunakan pilihan kata atau bahasa yang santun, dan jangan lupa untuk menyebutkan nama dan kelas,”tutur Saparudin.

Selain itu, isitrahat dan menjaga pola makan tidur yang cukup dengan tidur malam lebih awal dan bangun lebih cepat. Siswa harus menyiapkan fisik supaya bisa tetap fit selama waktu belajar.

“Jangan lupa selalu sediakan air putih, supaya konsentrasi tetap terjaga. Tak hanya untuk konsentrasi, rutin minum air putih sebanyak minimal 8 gelas sehari pun bisa membuat sehat.  Tetap jaga kesehatan dengan asupan makanan bernutrisi cukup dan berolah raga ringan dan aman,” tutup Saparudin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed