Artikel ini telah dilihat : 210 kali.
oleh

Sosialisasi Empat Pilar Sebagai Sarana Memperkokoh Persatuan Bangsa

Reporter : Achmad – Editor : Redaksi

Insitekaltim, Samarinda-KH. Aus Hidayat Nur menggelar sosialisasi empat pilar sebagai sarana memperkokoh persatuan bangsa. Meliputi Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang lebih dikenal dengan 4 Pilar MPR pada Rabu, (23/9/2020) di Samarinda Kalimantan Timur. Peserta dari kalangan pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Ada 100 orang peserta yang mengikuti acara tersebut.

“Kita bisa bersilaturahmi dan dapat melakukan sosialisasi meski di tengah pandemi Covid-19,” tuturnya.

KH. Aus Hidayat Nur mengatakan acara sosiliasasi empat pilar tetap dapat terlaksana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dengan cara mengikuti anjuran pemerintah, kesehatan tetap terjaga selain untuk memutus rantai penularan Covid-19.

“Dengan maksud pandemi ini kita atasi bersama sampai benar-benar  hilang dari permukaan bumi ini. Dan kita bisa hidup normal kembali,” papar politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

Menurutnya sosialisasi yang dilakukan ini, bertujuan agar semakin kokohnya persatuan bangsa. Dengan mengimplementasikan 4 Pilar dalam keseharian kita.

Dikatakan Aus bahwa sosialisasi tersebut akan membawa tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara pada kondisi yang dinamis, saling menghargai dan menghormati, serta bertanggungjawab.

Baca Juga :  8 Ranperda Selesai Dibahas

“Yakin akan membawa bangsa ini menuju kejayaan,” tuturnya.

Disampaikan kepada para peserta sosialisasi, kegiatan ini merupakan salah satu tugas MPR yang diatur dalam UU MD3. Dijelaskan sebelum amandemen UUD Tahun 1945, MPR merupakan lembaga tertinggi. Sebagai lembaga tertinggi, MPR saat itu mempunyai kewenangan untuk memilih Presiden. Tak hanya itu, MPR pada masa itu juga membuat GBHN. Dari sinilah maka presiden yang dipilih oleh MPR disebut sebagai mandataris MPR.

“Presiden pada masa itu bertanggungjawab pada MPR. Dan MPR bisa jadi tidak menerima laporan pertanggungjawaban presiden,”ucapnya.

Dirinya mengajak kepada semua untuk menjalankan UUD 1945 secara konsisten. Dengan menjalankan konstitusi. Ia yakin akan membawa bangsa dan negara ini menuju ke masa yang lebih baik.

“Kami mengajak kepada semua elemen masyarakat terutama yang hadir pada acara sosialisasi untuk tetap tegar dan saling bahu membahu memperkokoh persatuan bangsa tak terkecuali di tengah pandemi saat ini,”pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed