Artikel ini telah dilihat : 219 kali.
by

Perda Permukiman Masih Ngambang

Reporter: Galih – Editor: Redaksi

Insitekaltim, Samarinda – Rapat Panitia Khusus (Pansus) Rencana Pembangunan Pengembangan Perumahan Kawasan Pemukiman (RP3KP), kembali dilaksanakan dengan pembahasan Perda PUPR.

Agiel Suwarno, Ketua Pansus RP3KP mengatakan sebenarnya saat ini masih aman, karena RP3KP ini pertama ada bidang teknis ada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR), Bidang Permukiman, serta Biro Hukum.

“Memang ada perdebatan terkait apakah Perda ini akan tetap dibahas di bawah Kementerian PUPR atau tidak,” ujar Agiel kepada insitekaltim, Selasa (30/6/2020).

Ia menyampaikan ada juga pendapat dari Bidang Permukiman bahwa Perda ini sebenarnya lebih pas kalau nanti pemukimannya berdiri sendiri.

“Makanya dari dua pendapat itu kami meminta satu minggu dilakukan perbaikan. Tetapi sampai rapat hari ini memang belum ada informasi masuk,” bebernya.

Agiel mengutarakan memang ada informasi dari staf tenaga ahli, bahwa mereka tetap meminta pembahasan secara parallel. Tetapi informasi dari anggota Pansus lainnya, beberapa hari yang lalu menulis surat rapat besok dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan anggota Perda.

“Bahwa perubahan Kementerian PUPR terjadi perubahan yang sudah diajukan kepada DPR, besok Bappeda akan rapat kembali,” ucapnya.

Lebih lanjut Agil menjelaskan kalau ini diajukan, berarti pemerintah berharap sebenarnya pemukiman itu berdiri sendiri menjadi satu dinas. Tidak bergabung dengan Kementerian PUPR.

“Mudah-mudahan besok Bappeda bisa mengambil satu keputusan yang tepat. Kalau memang itu pemukiman berdiri menjadi satu atau sendiri,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed