KUTAI BARATNEWSPARIWISATA

Bupati Kubar Hadiri Upacara Adat Kuangkai, Bukti Nilai Gotong Royong di Tengah Masyarakat

Insitekaltim,Kubar– Bupati Kutai Barat, FX Yapan, SH., menghadiri Upacara Adat Kuangkai di Kecamatan Jempang, Desa Mancong, Kutai Barat, Rabu (12/06/2019)

Bupati Kubar, FX Yapan, SH., mengatakan bahwa acara yang diselenggarakan ini menunjukkan persatuan dan kesatuan, serta budaya gotong royong yang terus terjaga di tengah masyarakat adat khususnya di masyarakat Dayak Benuaq.

Inline

“Acara Kuangkai ini adalah sebuah acara dimana sebagai bentuk penghargaan terakhir keluarga yang ditinggalkan oleh leluhurnya atau orang tuanya. Selain itu acara seperti ini bisa kita lihat bahwa nilai gotong royong itu tetap bertahan di masyarakat kita,” ungkapnya pada insitekaltim.

Selain itu, Ketua Panitia Kuangkai Keluarga Besar Suku Dayak Benuaq Desa Mancong Kecamatan Jempang, Kutai Barat, Yunus Sunli mengungkapkan penghargaannya kepada semua pihak khususnya warga Desa Mancong yang telah ikut bekerjasama dalam pelaksanaan acara yang berlangsung 42 hari ini.

“Pelaksanaan acara hingga 42 hari dan tidak ada kendala apapun.Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya semua pihak dan keluarga besar yang ada di Desa Mancong,” ujarnya.

Hal serupa disampaikan oleh Kepala Adat Desa Mancong, Andreas Arjuna yang juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik.

“Acara ini adalah membawa doa untuk arwah para orang tua kita yang sudah tiada,” ujarnya dalam sambutan sebelum pemotongan kerbau dilakukan.

Tepat pada hari ini merupakan acara puncak atau hari terakhir dari rangkaian acara yang telah berlangsung dengan ditandai pemotongan kerbau dan akan diakhiri pada malam ini. (Renalt)

Show More
Below Article AdAdvertise with Anonymous Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker