Artikel ini telah dilihat : 942 kali.
oleh

Bantu Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19, Warga RT 16 Loa Janan Lakukan Penyemprotan Masal

Reporter: Dina – Editor: Redaksi

Insitekaltim, Samarinda – Masyarakat Loa Janan Ilir, tepatnya di RT 16 Km1, pada Selasa (24/3/20) hari ini, lakukan penyemprotan masal diseluruh rumah warga yang masuk lingkup RT 16. Kegiatan ini merupakan inisiatif warga yang peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini sebagai antisipasi masyarakat agar menjaga diri dari penyebaran Covid-19.

Ketua RT 16, Budiansyah, mengatakan kegiatan ini upaya membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Inisiatif ini merupakan bentuk kesadaran warga Loa Janan khususnya RT 16, karena memang lingkungan RT 16 tersebut lumayan jauh dari kota.

“Nah kalau menunggu penyemprotan dari pemerintah, saya rasa itu akan terlambat, dan berhubung adanya masukan dan saran dari warga lebih baik kami lakukan terlebih dahulu,” bebernya.

Ia juga menjelaskan pembiayaan hasil mengumpulkan dana dari warga setempat saja seikhlasnya dan semampu mereka. Ini kan bukan untuk sendiri, melainkan untuk seluruh warga yang tinggal di kawasan RT 16. “Bahan yang kami gunakan sebenarnya dapat di temukan dimana saja, seperti bayclin, wipol dan bahan pembersih pakaian lainnya,” ujarnya.

Budi menerangkan, kegiatan ini direncanakan 1 minggu sekali. Terkait komposisi bahan, lebih jelas disampaikan oleh Kahar warga setempat, yang memberikan informasi terkait takaran bahan. “Informasi cara membuatnya saya dapat dari youtube dan facebook,” ujar Kahar.

Takaran yang dimaksud yakni dengan perbandingan 1 liter air bersih dicampur bahan seperti bayclin dan lainnya itu sebanyak 2 tutup botol. Sedangkan alat menggunakan alat semprot tanaman yang biasa dipakai petani. Alat ini bisa menampung 10 liter air, jadi bahan yang dicampurkan perlu 20 tutup botol.

Budi berharap, inisiatif warga tersebut agar menjadi contoh bagi RT sekitar, serta warga bisa lebih menjaga lingkungan. “Paling tidak bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” pungkas Budi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed