ADVETORIALKOTA BONTANGNEWS

Disdukcapil Bontang, Jalankan Program Layanan Akta Kelahiran Online

Insitekaltim,Bontang – Guna mempercepat pencetakan Akta Kelahiran di Kota Bontang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bontang telah menjalankan program Disdukcapil yaitu pendaftaran secara online bagi anak yang baru lahir di rumah sakit dan bidan sehingga anak bisa langsung mendapatkan pengakuan secara hukum.

Kadisdukcapil Yuliantinur, mengatakan, program layanan akta kelahiran online ini guna mempermudah masyarakat, dalam pengurusan, masyarakat hanya tinggal mendaftarkan secara online tanpa harus pergi ke kantor Disdukcapil.

Inline

“Layanan akta kelahiran online ini, sebenarnya sangat mudah, pasutri hanya mendaftarkan secara online dengan memasukan data, kemudian jika telah di verifikasi dan mendapatkan balasan, pihak orang tua bayi bisa mencetak sendiri, dan akta itupun sudah sah karena sudah terverifikasi,” jelas Yuli kepada media pada Selasa (14/5/2019).

Dirinya mengatakan program tersebut merupakan program pusat, di Kalimantan Timur, baru Bontang, Balikpapan dan Samarinda yang telah menerapkan program tersebut.

“karena ini program baru, tidak semua Disdukcapil telah menerapkan, di Kaltim baru beberapa salah satunya Bontang,”Jelasnya.

Meskipun terbilang cukup mudah, namun Kadisdukcapil Bontang menyayangkan beberapa kendala yang kerap terjadi pada saat pendaftaran, seperti lamanya balasan verifikasi setelah mendaftarkan, sehingga para pendaftar harus menunggu, dan mengulang pendaftaran.

“Kendalanya lama balasan verifikasi, sebenarnya sayang sekali karena melalui program ini seluruh masyarakat dimudahkan, namun karena yang mengakses se indonesia mungkin mempengaruhi di jaringan servernya,” Jelasnya.(yuli)

Show More
Below Article AdAdvertise with Anonymous Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker