Artikel ini telah dilihat : 169 kali.
oleh

Disdikbud Bontang Siap Ramaikan KOSN Tingkat SD

Reporter : Angel – Editor : Redaksi

Insitekaltim, Bontang – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) siap menggelar Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan kegiatan tersebut. Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Disdikbud Bontang, Rini Fitriani menuturkan Disdikbud Bontang akan mengikutsertakan empat atlet yang berasal dari sekolah dasar (SD) di Bontang.

“Kami akan melakukan seleksi tingkat kabupaten. Hari ini kami melakukan sosialisasi KOSN dengan guru dan Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia (Pengcab IPSI) dan Pengcab Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Bontang,” kata Rini saat ditemui di Aula Autis Center Bontang, Jumat (23/10/2020).

Lanjutnya, untuk persyaratan mengikuti kompetisi salah satunya ialah merupakan warga negara Indonesia (WNI). Sedangkan untuk juara 1, 2, 3 O2SN Tingkat Nasional yang sebelumnya sudah berkompetisi tidak dapat mengikuti KOSN tahun 2020. Peserta KOSN tahun 2020 adalah peserta didik SD atau yang sederajat.

“Batas akhir usia peserta adalah kelahiran maksimal 1 Januari 2008. Nantinya akan diambil empat peserta (2 putra dan 2 putri). Mereka yang terpilih akan mengikuti seleksi tingkat provinsi,” jelas Rini.

Baca Juga :  Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Sudah Dinikmati Peserta Didik

Menurut Rini, di masa pandemi Covid-19 ini penyelenggaraan KOSN tahun 2020 harus disesuaikan. KOSN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan KOSN diselenggarakan secara virtual (daring).

“Karena pandemi Covid-19, penyelenggaraan KOSN ini kita selenggarakan secara virtual,” pungkasnya.

Sementara itu, cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu pencak silat dan karate. Pencak silat dengan nomor jurus tunggal dan karate dengan nomor kata perorangan.

“Hanya ada dua cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu pencak silat dan karate. Pencak silat dengan nomor jurus tunggal dan karate dengan nomor kata perorangan,” tutur Rini.

Adapun jadwal KOSN sudah disusun oleh pusat prestasi nasional, pada tanggal 1-23 Oktober Disdikbud kabupaten/kota melakukan sosialisasi dengan Pengcab IPSI dan Pengcab Forki.

Peserta diwajibkan registrasi dan pengunggahan dokumen persyaratan pada 25-29 Oktober 2020, kemudian unggah video babak penyisihan pada 1-3 November 2020. Babak penyisihan akan dilaksanakan pada 8-13 November 2020.

“Ada babak penyisihan pada 8-13 November 2020 akan diseleksi di tiap-tiap provinsi. Nantinya pada tanggal 1-6 Desember 2020 akan dilaksanakan secara nasional,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed