Artikel ini telah dilihat : 683 kali.
oleh

Waspada Covid, Warga Loa Bakung “Lockdown” Mandiri

Reporter : Samuel – Editor : Redaksi

Insitekaltim, Samarinda – Warga Blok D1 Jalan Jakarta melakukan pembatasan keluar masuk warganya guna mencegah penyebaran Covid-19.

Penyebaran Covid-19 yang meningkat di Kota Tepian membuat sebagian masyarakat merasa khawatir terjangkit wabah yang disebut menyerang fungsi pernafasan tersebut. Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari penyebaran wabah virus corona, seperti menggunakan masker, menyemprot disinfektan, atau tidak keluar rumah.

Namun pada Senin (27/7/2020) ada hal menarik yang dilakukan oleh warga Blok D1 RT 44 Perumahan Korpri, Jalan Jakarta, Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang. Warga melakukan “lockdown” atau membatasi keluar masuk masyarakat di lingkungan tersebut secara mandiri.

Kepada awak media Lurah Loa Bakung Hutanto membenarkan salah satu lingkungan pemukiman di wilayahnya melakukan pembatasan keluar masuk masyarakat.

“Sejak Minggu (26/7/2020) di wilayah itu (Blok D) sudah melakukan pembatasan keluar masuk,” ucapnya saat dihubungi via telepon seluler, Senin sore (27/7/2020).

Hutanto menjelaskan bahwa pembatasan keluar masuk atau “lockdown” tersebut dilakukan oleh warga setempat sebagai salah satu cara memutus rantai penyebaran virus corona.

Ia menjelaskan bahwa untuk akses logistik di kelurahan akan menggunakan pihak RT yang akan berkoordinasi setiap hari.

“Kegiatan seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari, nanti dari RT yang berkoordinasi,” ucap Hutanto.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Camat Sungai Kunjang Aditya Koesprayogi menyebutkan bahwa pihak kecamatan mengapresiasi kerja keras para Lurah, Pimpinan Puskesmas, Babinkamtibmas, Babinsa, dan dukungan dari Ketua RT dan tokoh masyarakat setempat dalam melakukan upaya-upaya memutus rantai penyebaran penularan virus corona.

Ia menjelaskan bahwa semua upaya yang dikerjakan, mulai dari penyemprotan disinfektan dan membatasi sementara waktu arus keluar masuk orang, semua memiliki tujuan yang besar, yakni demi kepentingan dan kebaikan bersama warga sekitar.

“Tetap ikuti protokol kesehatan dan mudah-mudahan kita sehat selalu,” pungkas Aditya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed