Artikel ini telah dilihat : 251 kali.
oleh

Pembongkaran Bantaran SKM Dilanjutkan, 60 Persen Sudah Selesai

Reporter : Samuel- Editor : Redaksi

Insitekaltim, Samarinda – Pemkot Samarinda kembali melakukan pembongkaran hunian warga bantaran Sungai Karang Mumus (SKM). Sebelumnya, rencana pembongkaran beberapa kali terhambat akibat penolakan warga. Hingga Senin pagi ini, sebanyak 130 dari 210 rumah dilaporkan telah dibongkar.

Kepala Satpol PP Samarinda HM Darham mengatakan bahwa pekan ini, pihaknya menargetkan membongkar 60 rumah yang terletak di RT 28.

“Target 60 rumah. Sekitar Gang Nibung sampai Jalan Abdul Hashim,” sebut Darham, Senin pagi (10/8/2020).

Demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Darham mengimbau agar pihak kecamatan dan kelurahan mengedepankan cara-cara persuasif. Pemkot akan melakukan pembersihan hunian warga, namun tidak menimbulkan kesan bahwa terjadi pembongkaran paksa.

“Caranya harus soft. Jangan sampai ada istilah pemaksaan,” sambung Darham.

Terkait isu bahwa terjadi penolakan dari banyak warga dengan alasan berdagang, Darham menampik. Ia mengatakan bahwa warga hanya meminta harga yang sesuai untuk pembongkaran rumah mereka.

“Tidak ada warga yang begitu, cuma mereka minta harga yang sesuai karena di sini banyak yang memiliki usaha. Namun ternyata usaha dalam perhitungan appraisal itu harus menetap di rumahnya. Kalau hanya lewat, nyedot air melalui rumah, lalu membersihkan pasar, itu tidak termasuk dalam perhitungan. Sama seperti pangkalan ikan, itu tidak termasuk jenis usaha dalam rumah karena hanya lewat saja,” beber Darham.

Darham pun mengungkapkan jumlah pemilik bangunan dan persentase penyelesaian penertiban hunian bantaran Sungai Karang Mumus tersebut.

“Dari 210 pemilik bangunan sudah 130 yang menyetorkan rekening. Sisa 80 pemilik bangunan yang belum memberikan rekening. Persentasenya 60 persen yang sudah selesai,” pungkas pimpinan instansi penegak Perda Kota Samarinda tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed