Artikel ini telah dilihat : 289 kali.
oleh

Obat Mujarab Lawan Covid-19 Itu, Ternyata Pilkada

Reporter : Achmad – Editor : Redaksi

Insitekaltim, Tarakan – Saat lawatannya ke provinsi termuda di Indonesia, Kalimantan Utara, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyelipkan pesan khusus soal Covid-19 dan Pilkada Serentak 2020.

Menurut mantan Kapolri ini, momen pemilihan kepala daerah (pilkada) bisa menjadi ‘resep’ ampuh untuk menekan penyebaran Covid-19. Bagaimana mungkin? Berikut penjelasan Tito Karnavian.

Bagi jenderal bintang empat yang juga mantan Kapolda Metro Jaya ini, garda terdepan perlawanan terhadap pandemi Covid-19 sesungguhnya bukan tenaga medis atau TNI dan Polri, tetapi siapa saja yang secara nyata melawan penyebaran Covid-19.

“Pandemi ini hanya akan bisa diatasi dengan mobilisasi. Mobilisasi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Mobilisasi agar semua taat protokol kesehatan,” tegas Tito Karnavian saat memberi arahan pada Rapat Koordinasi Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 dan Pengarahan Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (17/7/2020) di Tarakan.

Oleh karena itu, kata Tito, pilkada sesungguhnya bisa menjadi praktik untuk menekan penyebaran Covid-19, baik dari segi tema maupun gerakannya (berbagai kegiatan yang dilaksanakan). Baik oleh penyelenggara pilkada maupun para kontestan. Petahana maupun non petahana. Tema pilkada tahun ini menurutnya juga harus berganti. Lebih mengarah kepada peran kepala daerah dalam rangka penanganan Covid-19 dan dampak sosial ekonominya.

“Isu Covid-19 harus menjadi isu sentral. Media adu gagasan dan adu berbuat dari para kontestan, baik petahana maupun non petahana,” tandas Tito.

Dari sisi yang lain, isu ini akan membuat semua petahana yang memiliki power akan berbuat lebih maksimal untuk menekan kasus positif Covid-19 di daerah masing-masing.

Dengan cara ini, Tito yakin agenda pilkada diprediksi akan selesai dengan hasil yang baik. Perubahan tema pilkada ini akan melahirkan pemimpin yang memiliki visi dan misi yang baik dengan legitimasi kuat serta mampu menangani krisis akibat serangan pandemi Covid-19 dengan beragam dampaknya di daerah masing-masing.

“Pilkada juga harus bisa menjadi stimulan untuk membangkitkan ekonomi daerah,” tegas Tito.

Khusus untuk Provinsi Kalimantan Utara, Tito optimis pilkada di provinsi yang berbatasan dengan negeri jiran, Malaysia itu akan berjalan lancar dan sukses.

“Anggaran sudah ada dan komitmen sudah juga kuat. Saya optimis pilkada di Provinsi Kalimantan Utara berlangsung sukses dan lancar,” harapnya.

Sementara Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengajak masyarakat dan semua pihak untuk bersama mencegah potensi konflik horisontal dan vertikal jelang, saat dan paska pilkada.

“Bersama mari kita sukseskan pilkada di Provinsi Kalimantan Utara. Bersama pula mari kita cegah potensi konflik horizontal dan vertikal agar Provinsi Kaltara tetap damai dan rakyatnya bahagia dalam kesejahteraan,” kata Irianto.(foto_Ist)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed